Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Komponen yang Harus Anda Beli Ketika Merakit PC

6 Komponen yang Harus Anda Beli Ketika Merakit PC
Teknoakurat.com – Sebelum merakit PC, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, minimal kita harus tahu PC tersebut akan digunakan untuk apa. Setelah mengetahuinya, mulialah menentukan spesifikasi yang dibutuhkan dan menyesuaikan dengan dana yang direncanakan.

Setidaknya ada beberapa komponen untuk merakit sebuah PC, mulai dari chasing PC, PSU, RAM, MOBO, memori hardisk, dan VGA Card (Opsional). Dan semua komponen tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Chasing

Negomongin soal chasing atau wadah untuk komponen PC, ada beberapa ukuran yang harus Anda ketahui. Setidaknya ada empat ukuran chasing PC, mulai dari yang paling mini, ada mini ATX, mini tower, mid tower, dan yang paling besar, full tower.

Kalau Anda ingin merangkai mini PC yang simpel dan tidak memakan tempat, maka mini ATX solusinya. Tetapi, mini ATX hanya dapat diisi dengan komponen yang mendukung mini ATX saja, mulai dari versi MOBO-nya, VGA-nya, PSU-nya, dan lain sebagainya.

Tetapi kebanyakan orang biasanya menggunakan mid tower. Di samping mencarinya mudah, komponennya pun juga mudah dicari.

2. PSU (Power Supply)

Komponen kedua setelah menentukan chasing adalah PSU atau power supply. PSU adalah suplai nyawa untuk semua komponen yang ada di dalam komputer kita, mulai dari RAM, memori, MOBO, VGA, dan lain sebagainya. Carilah yang input voltage 100-240Vac.

Alasannya adalah listrik di Indonesia masih sering sekali tidak stabil. Hal inilah yang menjadi penyebab berkurangnya umur barang-barang elektronik. Mungkin
ada beberapa orang yang memberikan solusi untuk menggunakan stabilizer, tetapi hal itu juga membutuhkan biaya yang tidak murah.

Ketika kita menggunakan PSU dengan input voltalge 100-240Vac, maka PC akan tetap aman meski listrik drop di kisaran 150Vac ke bawah. Dan tidak perlu menggunakan stabilizer tambahan.

3. Motherboard

MOBO atau Motherboard diibaratkan ibu dalam komponen PC. Kalau PSU adalah suplay nyawa, maka Motherboard adalah ibu dari setiap komponen PC. MOBO adalah hardwere yang berisikan macam-macam slot, mulai dari slot Power, RAM, VGA, Processor, SATA hardisk, yang fungsinya untuk menghubungkan semua komponen tersebut.

MOBO yang baik bukanlah MOBO yang paling mahal, tetapi MOBO yang sesuai dengan kebutuhan. Satu hal lagi, Anda juga harus perhatikan socketnya. Yang paling umum digunakan, socket MOBO ada dua jenis (meskipun sebenarnya ada banyak), yaitu LGA 1150 dan 1151.

Socket tersebut yang menentukan versi processor yang akan digunakan. Apabila MOBO yang dipakai socket 1150, maka processornya juga harus socket 1150. Artinya, kalau menggunakan processor Intel i5, carilah yang i5 socket 1150, bukan 1151.

Kalau berencana menambah VGA card, maka diperlukan MOBO yang suport slot VGA card. Sebab, masih banyak ditemukan MOBO jadul yang tidak memiliki slot VGA card.

4. VGA Card (Graphic Card)

VGA Card adalah komponen opsional dalam komputer. VGA Card perlu apabila PC difungsikan untuk menjalankan grafik-grafik berat. Hal ini akan lebih optimal apabila didukung dengan monitor yang memadai. Jika Anda adalah gamer berat, maka diperlukan VGA yang memumpuni agar pengalaman bermain game lebih memuaskan dan optimal.

Akan tetapi, VGA tidak akan begitu penting apabila perakitan PC hanya ditujukan untuk keperluan ringan, seperti Office, rapat daring, dan lain sebagainya. 

Menyinggung soal harga, taruh kata varian GTX 1030 kelas paling bawah dari kasta VGA GTX, masih dibanderol di harga 1-3 jutaan, GTX 1080 ti di angka 10-12 jutaan. Belum lagi kasta RTX yang tembus puluhan juta. Mengingat harganya yang masih begitu tinggi, VGA dapat ditempatkan pada opsi upgrade ke depan, bukan prioritas utama dalam merakit PC.

5. Processor

Processor atau prosesor adalah otak dari PC kita. Di kasta intel, ada beberapa klasifikasi yang harus Anda ketahui, mulai dari Pentium, Dual Core, Intel i3, Intel i5, Intel i7, dan Intel i9. Dari urutan tersebut, ada istilah codename yang disesuaikan berdasarkan generasinya. Maka jangan heran apabila ditemukan intel core i5 generasi lama akan lebih rendah kemampuannya dibandingkan intel i3 generasi terbaru. Mengenai processor, carilah kasta yang sesuai dengan apa yang diperlukan. Serta perhatikan socket MOBO-nya. Apabila MOBO menggunakan LGA 1150, maka carilah processor 1150.

6. RAM dan Hardisk

Untuk RAM, carilah (minimal) DDR3. Sesuai dengan perspektif kebutuhan softwere masa kini, minimal RAM yang diperlukan agar PC dapat berjalan dengan maksimal adalah 4GB, atau yang lebih baiknya lagi 8GB.

Sedangkan untuk memori penyimpanan, gunakan SSD untuk menginstall dan menjalankan sistem operasi (OS), dan gunakan HDD untuk kebutuhan penyimpanan. SSD dewasa ini menjadi komponen wajib agar PC dapat berjalan dengan maksimal.

Itulah 6 komponen penting ketika seseorang ingin merakit PC. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Komponen yang Harus Anda Beli Ketika Merakit PC"