Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya

Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya
Teknoakurat.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips bagaimana caranya membersihkan mousepad yang kotor, baik mousepad PC maupun laptop.

Seperti yang lazimnya terjadi, mousepad memang sengaja diciptakan untuk kotor, karena fungsinya untuk memperhalus permukaan mouse dan tangan. Seperti namanya, mousepad memang diciptakan untuk gesekan tangan dan mouse itu sendiri.

Akibat seringnya gesekan tadi, banyak daki, keringat, atau kotoran yang akhirnya menempel ke permukaan mousepad. Dan hal itu tidak mungkin bisa dihindari.

Alhasil, mousepad yang kotor akan membawa berbagai penyakit, tidak enak dipandang, serta terkesan jorok. Apalagi yang hobinya pamer setup mouse dan keyboardnya, tentu akan bikin malu.

Nah, maka dari itu, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu sebentar untuk membersihkan mousepad Anda apabila dirasa sudah kotor. Anda bisa melakukannya 1 bulan sekali, atau bahkan lebih sering, tergantung penggunaan dan tingkat kekotorannya.

Tetapi yang menjadi catatan adalah, membersihkan mousepad tidaklah sembarangan, alias tidak boleh asal-asalan. Kita harus tahu dulu jenis mousepad apa yang kita gunakan. Sebab, bahan mousepad itu berbeda-beda, maka cara membersihkannya pun juga berbeda-beda.

Berikut adalah tata cara membersihkan mousepad sesuai dengan jenisnya:

Cara membersihkan mousepad keras

Jenis mousepad pertama adalah berbahan plastik atau berbahan PVC. sifatnya keras dan sulit kotor. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa kotor. Adapun cara membersihkannya adalah menggunakan lap dan cairan pembersih.

Anda bisa menggunakan lap handuk, tisu, kertas kasa, dan sejenisnya. Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca atau yang sejenisnya, seperti cairan pembersih khusus LCD misalnya.

Ketika masih ada noda membandel, Anda bisa mencucinya dengan sabun cuci piring, kemudian lap dengan handuk atau tisu.

Cara membersihkan mousepad silk

Mousepad silk adalah jenis mousepad yang berbahan sutra halus. Kebanyakan dari mousepad ini ditujukan untuk pengguna mouse yang mengutamakan kecepatan (speed) dalam menggerakkan mouse.

Mousepad ini biasanya digunakan untuk para gamers kompetitif yang fokus pada akselerasi kemampuan dalam membidik, seperti di game-game FPS misalnya.

Di antara merek terkenal yang memproduksi mousepad ini adalah Digital Alliance, Razer versi Goliathus, Sades, Logitech, dan masih banyak lagi.

Biasanya, pengguna mousepad "speed" ini paling benci dengan masalah "mousepad keset", yaitu menurunnya sifat licin diakibatkan banyaknya kotoran yang menempel di permukaan. Hal ini juga berpengaruh pada performa kecepatan penggunaan mouse.

Mousepad yang keset biasanya diakibatkan karena tertutupnya pori-pori kain dengan debu, keringat, atau daki. Apalagi sampai ketumpahan kopi, jangan ditanya deh.

Adapun cara membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring (jangan detergen), kemudian sikat halus dengan spons yang biasanya digunakan untuk cuci piring. Berikut ilustrasinya:

Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya

Bersihkan permukaan mousepad dengan hati-hati, ratakan dengan sabun cuci piring kemudian gosok perlahan-lahan menggunakan spons. Ulang hal tersebut sebanyak tiga kali.

Setelah itu bilas sampai bersih, gunakan handuk untuk menyerap air yang masih menetes, kemudian angin-anginkan, agar mousepad lebih awet, keringkan secara alami di dalam rumah, jangan di keringkan di bawah sinar matahari. Berikut ilustrasinya:

Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya

Perawatan mousepad slik tentu harus diperhatikan, sebab bahan material yang digunakan termasuk halus dan ringkih. Berbeda dengan jenis mousepad di bawah ini:

Cara membersihkan mousepad nilon rajut

Mousepad jenis ini biasa disebut dengan mousepad cloth, karena terbuat dari bahan nilon yang dirajut seperti kain pada umumnya. Moausepad jenis ini ada yang bertekstur halus, ada juga yang bertekstur kasar.

Adapun cara membersihkannya juga sama, yaitu dengan sabun cuci piring dan sikat menggunakan sikat gigi bekas secara perlahan-lahan (jangan ditekan), setelah dibilas bersih, keringkan di dalam rumah, jangan dipaparkan ke sinar matahari, karena dapat mengurangi umur dan merusak warna permukaan mousepad.

Cara membersihkan mousepad laptop

Mousepad laptop biasanya disebut dengan touchpad. Fungsinya sama dengan mousepad, tetapi penggunaannya diperuntukkan untuk sentuhan jari (touch), bukan sensor mouse.

Mousepad laptop dapat dibersihkan menggunakan carian pembersih LCD, kemudian dilap secara halus menggunakan tisu. Atau kalau ingin cara ekonomis bisa menggunakan handbody dengan kadar sedikit.

Resapkan beberapa mili handbody ke tisu atau kapas, kemudian lap secara halus ke permukaan mousepad atau touchpad. Jika dirasa sudah bersih, gunakan tisu baru untuk mengeringkan.

Sedikit tambahan saja, untuk melindungi touchpad dari usang, gunakan protector tambahan yang sudah banyak dijual di Marketplace kesayangan Anda.

Itulah Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Atau Membersihkan Moausepad Berdasarkan Bahannya"