Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Otomatis

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis
Teknoakurat.com - Siapa sih yang tidak mengenal Youtube di zaman sekarang? Salah satu platform media sosial berbasis video terbesar di dunia, di mana setiap orang yang memiliki akun Gmail berhak membuat channel dan meng-upload video kapan saja dan di mana saja.

Berbeda dengan mesin pencarian Google yang hanya menyajikan informasi berbentuk media tulis, Youtube justru lebih banyak diminati mengingat konten yang disajikan berbentuk visual.

Itu artinya, orang ketika mencari tutorial, “Cara bisnis online di Internet,” misalnya, ia akan lebih tertarik mencarinya dalam bentuk video dari pada tulisan.

Youtube adalah media sosial terbesar yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Banyak sekali konten-konten yang mengedukasi dan memberikan informasi yang sangat bermanfaat.

Di era yang serba daring ini, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), media Youtube sering kali dimanfaatkan para guru untuk mengunggah materi dalam bentuk video. Ada yang berbentuk rekaman presentasi, presentasi PPT sekaligus penjelasan berbentuk rekaman audio, dan lain-lain.

Dan tak jarang pula para guru terkadang menugaskan muridnya untuk merangkum video dari Youtube, entah video yang berasal dari gurunya maupun video edukasi spesifik yang ditunjuk oleh gurunya.

Para murid biasanya akan menggunakan metode mendengarkan sambil menulis. Artinya, ia mencatat hal-hal penting yang ia lihat dan dengarkan, Tetapi, ada beberapa murid yang justru mengalami kesulitan, terutama bagi mereka yang terkendala audio, misal pembicara dalam video tersebut disampaikan terlalu cepat.

Alhasil, mereka akan mengulang-ulang video tersebut, membuang-buang waktu, serta kegiatan merangkum menjadi kurang efektif.

Sesuai judul di atas, artikel ini dibuat untuk memberikan solusi untuk masalah ini. Zaman sekarang, teknik merangkum sembari mendengarkan adalah cara konvensional yang sudah usang.

Banyak sekali website-website online yang menyediakan fitur resume video dari Youtube secara otomatis dan gratis. Jadi semua yang dikatakan pembicara dalam video tersebut akan dikonversikan menjadi teks secara otomatis.

Penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini:

Di dunia maya, situs yang menyediakan fitur resume atau merangkum video dari Youtube sudah tidak bisa dihitung. Tetapi yang masyhur untuk saat ini adalah Anthiago, Free Automatic Transcript. 

Apa itu Anthiago? Anthiago merupakan tools online yang bisa kita akses secara gratis. Salah satu kegunaan Anthiago  adalah mengekstrak teks subtitle dari Youtube, TED Talks, merangkum Video wawancara, podcast, kelas, materi pembelajaran, dan sejenisnya secara otomatis, mudah, dan simpel.

Nah, berikut tata cara meringkas atau meresume video dari Youtube secara otomatis, mudah, dan simpel. Sedikit tambahan, Teknoakurat.com akan menjelaskan cara merangkum Video Youtube secara otomatis ini dalam dua cara, yaitu ketika menggunakan HP dan PC atau laptop. Untuk membuat rangkuman dari Video dari Youtube, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Menggunakan HP

Pertama, buka aplikasi Youtube, kemudian cari video yang akan dirangkum. Setelah ketemu, saling link/URL-nya:

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Kedua, buka browser kamu di HP, boleh menggunakan google Chrome, Mozilla, Opera, dan sejenisnya). Di kolom pencarian, ketik keyword “Anthiago”, kemudian klik search atau cari.

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Atau kalau mau cepet, klik link ini: https://anthiago.com/transkrip/

Ketiga, apabila sudah masuk ke dalam websitenya, scroll ke bawah sampai kamu menemukan Dashboard. Kalau tampilan web masih berbahasa Inggri, silakan klik Bahasa Indonesia.

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Keempat, pada kolom link, paste-kan atau tempelkan link Youtube yang sudah Anda salin sebelumnya, kemudian klik Transcript.

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Kelima, tunggu beberapa saat hingga proses transkrip videonya selesai. Apabila sudah selesai, maka hasil akan muncul di bagian bawah.

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Keenam, Anda bisa meng-copy atau menyalin teks yang telah di transkrip dari video tersebut ke lembar Microsoft Word atau software pengolah kata lainnya.

Ketujuh, lakukan pengeditan secara merata pada teks transkrip tersebut agar hasil lebih maksimal dan memuaskan.

Perlu diingat bahwa hasil transkrip dari video ke teks tidak menutup kemungkinan akan adanya typo. Sampai sekarang, tidak ada teknologi yang mampu mengonversi  video ke teks secara sempurna, bahkan fitur besutan Google sekalipun.

Itu artinya, Anda perlu mengecek ulang hasil dari transkrip tersebut.

Menggunakan PC/Laptop

Pertama, cari link video Youtube yang ingin ditranskripsi, kemudian salin (Copy).

Kedua, buka website Anthiago, atau klik yang sudah kami sediakan di atas.

Ketiga, paste link video Youtube pada kolom transkrip, kemudian klik transkrip. Dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Keempat, setelah selesai, paste-kan hasilnya ke notepad untuk menghilangkan format bawaan dari browser, kemudian copy lagi dan paste-kan ke Word.

Kelima, sekedar tips saja, gunakan setting kamus bahasa Indonesia untuk mengetahui mana saja kata yang tidak sesuai atau tidak ada dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Ini adalah fitur Microsoft Word yang letaknya ada di kiri bawah.

Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis

Terakhir, cek ulang kembali tulisan tersebut, rapikan, kemudian simpan.

Dengan teknologi seperti ini, Anda tidak perlu lagi buang tenaga banyak untuk merangkum substansi dari video yang Anda dengarkan. Nilai plusnya adalah, Anda bisa lebih fokus mendengarkan video tersebut sembari memahami, bukan malah sambil menulis.

Setelah mengetahui trik mengubah video Youtube menjadi teks secara otomatis ini, diharapkan Anda tetap menggunakannya secara bijak dan bertanggung jawab. Dan jangan lupa bagikan ke orang-orang terdekat Anda apabila tutorial ini bermanfaat.

Demikianlah pembahasan mengenai  Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Secara Otomatis, semoga apa yang penulis sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Merangkum dan Resume Video di Youtube Otomatis"