Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer

Teknoakurat.com – Programer merupakan profesi yang akhir-akhir ini mulai diminati oleh kalangan muda saat ini. Sebab, profesi ini dianggap mempunyai prospek di masa depan.

Lazimnya, programer sering kali dikaitkan dengan “pekerjaan keren” dan “gaji yang besar”. Hal ini tentu relevan mengingat profesi ini memang memiliki penghasilan yang cukup besar karena masih minimnya persaingan dalam bidang profesi ini. Jadi tidak heran apabila mereka merangkap di dalam berbagai proyek besar.

Salah satu alat perang wajib seorang programer adalah komputer. Namun dewasa ini, laptop merupakan alat yang semakin populer di kalangan programer karena fungsi mobilitasnya yang tinggi jika dibandingkan dengan PC.

Berikut adalah 6 merek laptop yang paling populer di kalangan programer menurut media global:

1. Apple

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
Apple merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di California Amerika Serikat. Salah satu produk yang paling populer dari brand ini adalah Macbook.

Selain memiliki daya tahan mesin yang kuat, Macbook adalah satu dari sekian laptop yang memiliki keamanan sistem operasi terbaik untuk saat ini.

Hardwere yang ditawarkan juga berkualitas tinggi, mudah dan simpel digunakan (User Friendly), display yang baik, serta dapat diandalkan dalam berbagai pekerjaan berat (khususnya Macbook Pro)

Namun kekurangan dari laptop Macbook ini adalah harganya yang relatif mahal. Begitu juga dengan biaya servisnya dan harga aksesorinya.

2. HP

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
HP adalah singkatan dari Hewlett Packard, yang merupakan brand teknologi besar asal Paman Sam (Amerika Serikat).

Soal durability, HP merupakan salah satu laptop yang memiliki konstruksi paling kuat di antara merek-merek lainnya. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Laptop HP  ini cukup populer di Indonesia karena memiliki performa sistem yang begitu stabil. Dan salah satu ciri khas dari laptop ini adalah desain ventilasi udara yang banyak untuk memaksimalkan sirkulasi udara.

Dengan demikian, laptop ini mampu mengurangi risiko overheat saat digunakan untuk pekerjaan berat. Kantor servisnya pun cukup banyak yang tersebar luas di Indonesia.

3. Lenovo

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
Lenovo merupakan brand teknologi multinasional asal Tiongkok. Perusahaan yang berkantor pusat di Beijing China ini menduduki peringkat delapan dunia sebagai produsen PC terbaik.

Di Indonesia sendiri, produk Lenovo tergolong cukup populer. Harganya relatif bersiang dan terjangkau. Salah satu value laptop Lenovo adalah harganya yang bersahabat namun memiliki performa yang tinggi, seperti Series Ideapad misalnya.

Selain masalah harga, laptop Lenovo juga terkenal dengan sistem kelistrikan yang sangat baik. Selain itu, laptop Lenovo juga memiliki keunggulan dalam kemampuannya mempertahankan fully battery ketika menjalankan aktivitas berat seperti bermain game misalnya dalam keadaan mengisi daya.

Kekurangan dari brand ini adalah kurang meratanya service center. Dan di beberapa tipe tertentu, banyak casing bodynya yang kurang solid. Artinya, laptop ini rawan rusak apabila terlalu sering diberi tekanan seperti ditindih barang-barang lain ketika dibawa di dalam tas.

4. ASUS

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
Asusutek Computer merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berasal dari Taiwan. Brand ini tidak hanya menjual laptop saja, melainkan juga berbagai komponen penting komputer, seperti RAM, VGA, MOBO, Keyboard, Mouse, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, penggunaan aptop ASUS sepertinya sudah menjamur. Selain ekonomis di segi harga, laptop ini buktinya mampu menjawab kebutuhan konsumen Indonesia, baik dalam hal apapun.

Dilansir dari detikinet, Asus adalah penguasa komputer nomor wahid di Indonesia. Vendor asal Taiwan ini menguasai 30,7% pasar pada tahun 2020.

Lebih unggul dibandingkan Acer yang hanya menguasai 21,7% dan Lenovo yang hanya menguasai pasar 20,2%.

Di sektor game, ASUS memiliki lini andalannya, yaitu seri ROG yang menawarkan performa tinggi tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Kelebihan lain dari brand ini adalah memberikan garansi produk laptopnya selama 2 tahun secara global.

Artinya, laptop ini dapat diklaim garansinya di mana saja, termasuk di luar negeri sekalipun. Namun, kekurangan dari produk ini adalah terlalu seringnya merilis produk baru. Alhasil, konsumen dibuat bingung dengan semua seri yang ditawarkan.

5. DELL

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
DELL inc. Merupakan perusahaan yang berbasis di Round Rock, Texas, Amerika Serikat. Selain memproduksi laptop, DELL juga memproduksi perangkat keras lainnya, seperti PC Build Up, Monitor, Keyboard Mouse, PC Dekstop, dan masih banyak lagi.

Laptop DELL terkenal memiliki desain yang kokoh dan berkualitas premium. Hak ini karena DELL mendesain bodunya dengan kokoh dan tahan banting berkat penggunaan casing berbahan Chromium.

Bahkan ada beberapa seri lain yang diberi perlindungan lapisan baja yang tahan terhadap guncangan. Jadi soal ketahanan, DELL adalah laptop yang sangat bisa diandalkan.

DELL juga merilis seri Alienware yang dikhususkan untuk penggunaan berat seperti gaming setelah diakuisisi pada tahun 2006.

Lewat Dell’s Ocean Plastics Packaging, perusahaan asal Paman Sam ini telah berhasil memanfaatkan plastik sampah yang diambil dari laut untuk dioleh menjadi produk berkualitas premium.

6. Microsoft

6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer
Microsoft Corporation adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Siapa yang tidak kenal Microsoft? Perusahaan yang mengembangkan, membuat, serta memberi lisensi Operasi Sistem Windows di laptop mayoritas masyarakat Indonesia ini, bahkan di seluruh dunia.

Selain masyhur dengan produk softwarenya, Microsoft ternyata juga memproduksi laptop eksklusif, yaitu Microsoft Surface.

Beberapa keunggulan Microsoft Surface baterainya yang tergolong awet, performa yang memumpuni, serta memiliki desain yang tipis dan premium.

Penggunaan material yang kokoh dan solid, serta panel layar yang super jernih. Tetapi kekurangan dari laptop ini adalah harganya yang sedikit mahal.

Itulah 6 merek laptop yang populer di kalangan para programer. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Brand Laptop Paling Populer Untuk Programer"