Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Teknik Jitu Mempengaruhi Orang Lain atau Lawan Bicara

9 Teknik Jitu Mempengaruhi Orang Lain
Teknoakurat.com – Cara mempengaruhi lawan bicara atau orang lain adalah sebuah seni yang dapat membantu Anda dalam mengontrol emosi dan keputusan seseorang.

Memiliki kemampuan tersebut tentu akan sangat menyenangkan. Khususnya ketika Anda berada di sebuah forum yang membutuhkan kemenangan atas argumen yang Anda utarakan.

Namun demikian, Anda tidak dapat melakukan atau menghalalkan segala cara agar tujuan Anda tercapai. Jangan sampai Anda menggunakan cara-cara kotor, memanipulasi, menekan, atau melakukan hal-hal negatif lainnya yang justru akan merugikan Anda sendiri.

Cara baik dan positif dalam mempengaruhi lawan bicara adalah menggunakan trik psikologis. Menggunakan trik tersebut akan jauh lebih terhormat dan tidak berpotensi merugikan siapa pun.

Seni mengontrol lawan bicara atau mengubah pikiran lawan bicara adalah seni yang tidak perlu membutuhkan usaha.

Kemampuan mengubah pandangan orang lain akan membuat Anda mencapai target apa pun, baik dalam bisnis, relasi, atau hal apapun yang dapat meningkatkan nilai atau kualitas Anda.

Influence behavior questionnaire (IBQ), merupakan suatu metode yang dikembangkan Gray Yukl (1992). Beliau adalah professor di Universitas at-Albany, Amerika. Dalam metode ini, IBQ memformulasikan 9 strategi dan teknik mempengaruhi lawan bicara atau orang lain. Berikut penjelasannya:

1. Rational Persuasion

Rational Persuasion adalah siasat Anda dalam meyakinkan orang lain dengan cara mengutarakan argumen yang logis dan rasional. Intinya, Anda cukup mengutarakan alasan yang logis dan masuk akal.

Misalnya, seorang dokter yang menasihati perokok berat perihal dampak buruk rokok bagi paru-paru berdasarkan penelitian dan pembuktian ilmiah.

2. Inspiration Appeals Tactics

Inspiration Appeals Tactics adalah siasat Anda dalam meminta ide atau proposal lawan bicara guna membangkitkan rasa antusias dan semangatnya.

Misalnya, Anda membuka kesempatan bagi seseorang baik itu individual maupun kelompok untuk menuangkan ide atau gagasannya demi kebaikan bersama, baik itu di dalam lingkup bisnis, sekolahan, atau keluarga.

3. Consultation Tactics

Consultation Tactics adalah siasat untuk meminta lawan bicara atau target untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang kita agendakan.

Misalnya, Anda memintanya untuk berpartisipasi dalam pembuatan rencana atau perubahan yang akan dilaksanakan.

4. Ingratiation Tactics

Ingratiation Tactics adalah siasat untuk mempengaruhi lawan bicara dengan menggunakan kata-kata yang membahagiakan, pujian, sanjungan, atau hal apapun yang dapat membuatnya merasa senang hati dan tenteram.

Misalnya, seorang guru yang bercanda gurau terlebih dulu sebelum memberikan PR kepada murid-muridnya. Seorang pemimpin yang mentraktir bawahannya sebelum memberikan tugas baru.

5. Personal Appeals Tactics

Personal Appeals Tactics adalah berusaha mempengaruhi lawan bicara dengan landasan hubungan persahabatan, pertemanan, atau hal-hal lain yang bersifat personal.

Misalnya, memberikan embel-embel pertemanan atau persahabatan dahulu ketika kita ingin melakukan atau meminta sesuatu kepadanya.

6. Exchange Tactics

Exchange Tactics dalah berusaha mempengaruhi lawan bicara dengan memberikan suatu keuntungan tertentu kepadanya sebagai imbalan atas kemauannya mengikuti suatu permintaan tertentu.

Misalnya, meminta sesuatu yang masih berkaitan erat dengan kesukaan, hobi, atau kesenangannya.

7. Coalition Tactics

Coalition Tacticsb adalah siasat di mana kita berkoalisi dan meminta bantuan kepada pihak untuk mempengaruhi lawan bicara kita.

Misalnya, Anda meminta bantuan teman dekat lawan bicara untuk membujuknya, atau sebagai alasan agar ia setuju dengan Anda.

8. Pressure Tactics

Pressure Tactics adalah siasat untuk memberikan peringatan, ancaman, atau tekanan kepada seseorang agar ia mau melakukan sesuatu yang kita mau.

Misalnya, seorang komandan yang memberi ancaman penurunan pangkat bagi prajuritnya yang telah melakukan kesalahan. Guru yang mengancam tidak menaikkan kelas bagi muridnya yang tidak masuk sekolah lebih dari 10 kali. 

9. Legitimizing Tactics

Legitimizing Tactics adalah siasat di mana kita menggunakan otoritas, kekuasaan, atau kedudukan kita untuk mempengaruhi lawan bicara. Artinya, Anda sebagai pemegang otoritas dapat mengatakan bahwa perintah Anda adalah sebuah kebijakan atau aturan organisasi/perusahaan.

Itulah 9 taktik jitu mempengaruhi lawan bicara. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9 Teknik Jitu Mempengaruhi Orang Lain atau Lawan Bicara"