Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya

Teknoakurat.com – Apa itu komputer? Komputer adalah perangkat elektronik yang mampu memanipulasi informasi atau data. Komputer secara garis besar adalah teknologi yang mampu menyimpan, mengambil, serta mengelola data atau informasi.

Di antara aktivitas yang lazim ketika menggunakan komputer adalah mengelola dokumen (menyimpan, mengambil, atau mengubah), mengetik dokumen, mengirim e-mail (surat elektronik), bermain game, menjelajah Web, mendesain, mengedit foto atau video, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai apa itu komputer:

Sejarah Komputer

Sejarah komputer berawal pada abad ke-19 di mana salah seorang ilmuan Inggris bernama Charles Babbage mendesain komputer mekanik bernama “Mesin Analitikal”. Mesin inilah yang kemudian menjadi basis kerangkan komputer sampai sekarang.

Sejarah komputer terbagi menjadi 4 generasi. Berikut penjelasannya:

Komputer Generasi Pertama

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya
Komputer Colussus (1943).

Di generasi ini, komputer mulai digunakan dalam bidang akademi dan militer. Contohnya komputer Colussus, yaitu komputer elektronik digital pertama. Komputer ini digunakan pada zaman Perang Dunia II untuk memecahkan kode rahasia yang diciptakan oleh mesin Lorenz SZ 40/43 buatan Jerman Nazi.

Komputer Generasi Kedua

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya
Komputer UNIVAC generasi I

Generasi ini ditandai dengan pergantian teknologi tabung vakum ke teknologi transistor. Penemuan transistor pada tahun 1948 ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Pada generasi kedua, ukuran mesin-mesin elektronik mulai mengecil. Misalnya, penggantian tabung vakum televisi, radio, atau komputer ke teknologi transistor.

Pada tahun 1953, IBM (Internasional Business Mechines Corporation) mulai memperkenalkan komputer IBM 650 dan IBM 700, menyusul peluncuran komputer UNIVAC yang telah rilis dulu pada tahun 1951.

Komputer Generasi Ketiga

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya
Gambar PDP-8 (Sumber: Twitter: @itelegram)

Generasi ini ditandai dengan adanya peningkatan teknologi transistor menjadi sirkuit terpadu (cip). Sirkuit terpadu adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor, dan lain-lain. Sedangkan komponen yang menjadi otak peralatan elektronik disebut IC.

Pada generasi ketiga, muncullah istilah komputer mini (minicomputer), yaitu inovasi yang signifikan dalam mempengaruhi perkembangan komputer hingga sekarang. Pernah mendengar misi Apollo NASA? Komputer generasi inilah yang digunakan NASA untuk melancarkan program Apollo.

Di antara jenis komputer mini pada generasi ini adalah PDP-8 buatan Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1965. Jenis komputer ini konon menjadi produk paling laris di zamannya. Kemudian DEC merilis produk terbarunya, PDP-11 pada tahun 1970, ada juga komputer VAX (1970), dan masih banyak lagi.

Komputer Generasi Keempat

Generasi ini dimulai sejak dasawarsa 1970-an. Ditandai dengan penemuan MOSFET dan integrasi berkala besar yang membawa perubahan besar pada teknologi mikroprosesor. Berkat perkembangan mikroprosesor ini, ukuran komputer kian menjadi lebih kecil. Berkat teknologi inilah mulai muncul komputer rumahan, komputer meja, laptop, bahkan membawa dampak pada perkembangan perangkan smartphone, hingga sekarang.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas, seperti menerima data, memproses data sesuai instruksi, menyimpan perintah, menciptakan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. V.C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, pengertian komputer adalah mesin penghitung elektronik cepat yang dapat menerima informasi input digital, kemudian diproses sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, lalu dapat menghasilkan output yang berupa informasi.

3. Donald Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang berfungsi memanipulasi data secara cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan agar mampu menerima dan menyimpan data, memproses data, hingga menghasilkan output sesuai dengan perintah yang telah disimpan dalam memori.

4. William M Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah alat mengolah data yang bisa melakukan perhitungan sekala besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmetika, operasi logika, dan tidak memerlukan campur tangan manusia.

5. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, pengertian komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar), serta dapat memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang bisa digunakan.

Fungsi Komputer

Setidaknya ada 5 fungsi utama komputer apabila ditinjau dari segi penggunaan:

  1. Untuk mempermudah pekerjaan kita;
  2. Untuk mempermudah kita dalam mencari sebuah informasi;
  3. Untuk kebutuhan hiburan seperti bermain game atau menonton film;
  4. Untuk sarana pembelajaran; dan
  5. Untuk sarana usaha atau bisnis.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, komputer telah mengalami berbagai perkembangan sehingga fungsinya pun juga ikut tambah beragam.

Secara teknis, komputer memiliki 4 (empat) macam fungsi, di antaranya yaitu:

  1. Fungsi Input, yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh, ketikan tombol keyboard atau mouse pada komputer, memasukkan file atau data dari penyimpanan eksternal, seperti Flashdisk atau SSD eksternal.
  2. Fungsi Processing, yaitu melakukan pemrosesan berbagai macam data atau informasi yang diberikan oleh perangkat input. Kemudian data tersebut tersimpan dalam memori internal (SSD/flashdisk) yang kemudian menghasilkan informasi baru yang akan dikirim ke perangkat output.
  3. Fungsi Output, yaitu mengeluarkan data atau informasi yang telah diproses sehingga menghasilkan fungsi sesuai dengan data inputnya.
  4. Fungsi Storage, yaitu menyimpan informasi. Data yang disimpan tersebut dapat dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi.

Komponen-komponen Komputer

Komponen komputer adalah sekumpulan unit elektronik yang terhubung menjadi satu kesatuan di dalam perangkat komputer. Komponen komputer terbasi menjadi dua, yaitu perangkat utama dan perangkat tambahan.

Perangkat utama adalah perangkat yang “harus” ada keberadaannya dalam komputer karena mempengaruhi kinerja atau fungsi dari komputer itu sendiri.

Sedangkan perangkat tambahan sifatnya hanya sebatas opsional yang artinya tidak begitu mempengaruhi kinerja dari komputer.

Komponen komputer terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah komponen komputer yang memiliki struktur fisik, dapat disentuh, seperti keyboard, mouse, modem, dan sejenisnya. Sedangkan perangkat lunak adalah komponen komputer yang menugaskan atau yang memberi perintah kepada perangkat keras, seperti web browser, Office Word, dan sejenisnya.

Berikut adalah pembagian komponen komputer berdasarkan klasifikasinya:

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras terbagi menjadi 5 (lima) bagian utama, di antara yaitu Input Device, Output Device, Process Device, Storage Device, dan Peripheral Device.

Input Device adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke dalam sistem komputer. Di antara macam-macam input device, yaitu:

(INPUT DEVICE)

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya

1. Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras yang berupa papan ketik yang berisi semua model huruf abjad, angka, karakter, serta simbol lain yang menjadi sarana bagi pengguna untuk menulis di dalam komputer.

2. Mouse atau pointing device 

Mouse adalah alat untuk mengakses pointer melalui layar monitor yang salah satu fungsinya adalah untuk membuat komputer menjadi lebih interaktif dan memudahkan dalam mengakses sebuah perintah di dalam komputer.

3. Touchpad

Sejenis perangkat untuk mengendalikan pointer di layar monitor, tetapi menggunakan media sentuhan jari yang dikendalikan di atas permukaan bantalan sentuh. Fungsinya hampir sama dengan mouse, namun perangkat ini biasanya dipasangkan di perangkan portabel, seperti PDA, laptop, dan sejenisnya.

4. Joystick

Joystick adalah tuas kendali yang berfungsi sebagai tuas kontrol yang dapat bergerak ke segala arah yang dapat mengirim sinyal ke komputer. Biasanya device ini digunakan untuk bermain game di komputer.

5. Light Pen atau Pen Tablet

Light Pen adalah perangkat khusus yang fungsinya seperti pointer, tetapi lebih ditujukan untuk menggambar pada layar (mirip layar sentuh) karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sedangkan pen tablet lebih ditujukan untuk tingkat yang lebih profesional dalam bidang menggambar atau pembuatan sketsa. 

6. Microphone dan Headphone

Mikrofon adalah salah satu komponen untuk membatu Anda dalam menangkap suara ke dalam komputer agar dapat diolah menjadi berbagai output seperti merekam audio, menjawab telepon, dan sejenisnya.

(OUTPUT DEVICE)

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya
1. Monitor

Monitor adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang berasal dari sinyal elektronik komputer. Bedanya dengan layar TV ada pada tingkat kerapatan pikselnya.

2. Printer

Printer merupakan mesin cetak untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan baik berupa gambar atau teks di atas kertas dengan ukuran tertentu, seperti A4, F4, A5, dan sejenisnya.

3. Speaker

Speaker merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan suara yang dihasilkan dari komputer. Speaker pada komputer pada umumnya digunakan untuk menikmati multimedia seperti musik atau audio visual.

4. Scanner

Scanner adalah salah satu komponen komputer yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda seperti dokumen, foto, gelombang, dan lain sebagainya.

(PROCESS DEVICE)

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya

1. Power Supply

Power supply adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting karena digunakan untuk memasok tenaga listrik yang kemudian disalurkan ke seluruh komponen komputer yang membutuhkan listrik.

2. RAM

RAM merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah setiap data dan perintah yang dimasukkan pengguna kemudian menyimpan data sementara.

3. CPU atau Processor

CPU atau otak dari komputer merupakan perangkat keras yang bertugas untuk menerima dan menjalankan perintah untuk membuat program komputer. Secara kompleks, CPU bertugas untuk mengoperasikan aritmetika, logika pengendalian, serta input output dasar yang ditentukan oleh perintah dalam program.

4. Motherboard

Motherboard atau papan induk adalah komponen yang digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat elektronik penting pada suatu sistem agar terhubung satu sama lain, misalnya menghubungkan antara CPU, memori internal, dan ram.

(STORAGE DEVICE)

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya

1. SSD

SSD adalah salah satu jenis storage device yang berfungsi untuk menyimpan data secara terus menerus dan biasanya menggunakan memori flash serta berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.

2. Hardisk

Hardisk merupakan sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder yang isinya adalah piringan magnetis. Fungsinya hampir sama dengan SSD, namun kemampuan bacanya masih di bawah SSD.

3. NVMe

NPM I merupakan perangkat logis terbuka untuk mengakses media penyimpanan non volatil komputer yang biasanya dipasang melalui surat PC pada motherboard fungsinya sama  hampir sama dengan hardisk atau SSD namun memiliki  kemampuan yang jauh lebih cepat.

(PERIPHERAL DEVICE)

Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya

1. Modem

Modem adalah salah satu device yang berfungsi sebagai pengubah sinyal analog ke sinyal digital, sehingga kita bisa terhubung ke jaringan internet. Selain itu modul juga berfungsi untuk melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.

2. Flashdisk

Batik merupakan salah satu alat penyimpanan eksternal komputer yang dapat kita manfaatkan karena  fleksibilitasnya fungsinya hampir sama dengan hardisk SSD atau NVMe namun sifatnya adalah eksternal atau bisa dilepas dan  di dihubungi di di berbagai jenis komputer 

3. Dongle Bluetooth

Bluetooth dongle USB ini merupakan komponen penting untuk menyambungkan headset wireless atau alat wireless apa pun agar bisa terhubung ke PC, laptop, atau smartphone.

Perangkat Lunak (Software)

Softwere atau perangkat lunak terbagi menjadi 9 Jenis:

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi

Jenis perangkat lunak yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak. Tanpa sistem operasi, komputer tidak bisa untuk menjalankan program. Sistem operasi yang paling terkenal adalah Windows, Linux, dan Mac OS.

2. Perangkat Lunak Pengolah Angka dan Data

Setelah memiliki sistem operasi, sebuah komputer masih memerlukan berbagai software tambahan, salah satunya adalah software pengolah data dan angka yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, yaitu Microsoft Office yang di dalamnya memuat Office Word, Excel, PowerPonit, dan masih banyak lagi.

3. Perangkat Lunak Browser

Untuk menjelajah internet, diperlukan software khusus browser, seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Edge, dan masih banyak lagi.

4. Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Bagi yang bekerja di bidang pengolah gambar, diperlukan software khusus, salah satu yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop, Sketch, Adobe InDesign hingga Adobe Illustrator, dan masih banyak lagi.

5. Perangkat Lunak Pemutar Video

Contoh perangkat lunak pemutar video antara lain GOM Player, DivX Player,  KMPlayer, Quicktime Player, dan PotPlayer.

6. Perangkat Lunak Pengolah Video

Contoh perangkat lunak pemutar video antara lain Adobe Premiere Pro, Filmora, Pinacle Studio, Edius, Movie Maker, Avid FreeDV, Wax, Apple iMovie, Final Cut Pro, dan masih banyak lagi.

7. Perangkat Lunak Pengolah Audio

Contoh perangkat lunak pengolah audio antara lain, Adobe Audition, Audacity, Reaper, Ableton Live, Cubase, Presonus Studio One, Ardour, dan masih banyak lagi.

8. Perangkat Lunak Pemutar Audio

Contoh perangkat lunak pemutar audio antara lain, AIMP, Musicolet Music Player, Oto Music, Stellio

BlackPlayer, Plexamp, MediaMonkey.

9. Perangkat Lunak Antivirus

Contoh perangkat lunak antivirus antara lain, Avast Antivirus, AVG AntiVirus, Avira Antivirus, Bitdefender Antivirus, Kaspersky Total Security, Microsoft Defender, Sophos Home, Norton, dan masih banyak lagi.

Jenis atau Macam-macam Komputer

Komputer diciptakan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Setiap macam atau jenis komputer memiliki jenis tugas yang berbeda-beda. Misalnya, komputer yang diciptakan untuk mobilitas tinggi kurang cocok digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas berat, seperti rendering video 4K misalnya. Sebab, jenis komputer ini biasanya didesain tipis dan ringan, serta memiliki spesifikasi yang standarnya diperuntukkan untuk pekerja kantoran, bukan diperuntukkan untuk pekerjaan berat seperti desainer, videografer, atau sejenisnya. Berikut adalah jenis atau macam-macam komputer:

Komputer Desktop

Komputer desktop dirancang untuk ditempatkan di atas meja. Komputer desktop terdiri dari beberapa komponen seperti monitor, keyboard, Mouse, dan kontak komputer yang berisikan komponen-komponen komputer.

Kelebihan dari komputer ini adalah spesifikasinya bisa di-upgrade sesuai dengan kebutuhan. Kekurangannya adalah tidak bisa dipindah-pindahkan, atau kurang fleksibel.

Komputer Laptop

Komputer laptop merupakan salah satu jenis  komputer yang sumber daya listriknya berbentuk baterai. Laptop biasanya berisi satu kesatuan yang ringkas dan lebih portabel. Di antara komponennya adalah layar LCD, keyboard, touchpad, dan body rangka yang yang berisikan komponen komputer seperti motherboard, RAM, memori penyimpanan, CPU, dan baterai

Komputer Tablet

Komputer tablet adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel dari laptop Komputer tablet menggunakan layar sentuh sebagai pengganti keyboard dan mouse untuk mengetik dan mengakses navigasi.

Komputer Server

Komputer server adalah jenis komputer yang mampu mengelola permintaan-permintaan informasi dari komputer lain yang terhubung dengan satu jaringan komputer.

Sebagai contoh ketika kita menggunakan internet, maka kita sedang melihat informasi yang tersimpan di dalam server. Jenis komputer ini termasuk yang paling mahal di antara jenis lain karena diperuntukkan untuk berbagai penyimpanan berskala besar secara internal.

Demikian pengertian komputer lengkap dengan jenis, sejarah, dan fungsinya. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu Komputer? Pengertian, Jenis, Sejarah, dan Fungsinya"