Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fitur Wajib Samsung Galaxy yang Harus Anda Gunakan

10 Fitur Wajib Samsung Galaxy yang Harus Anda Gunakan
Teknoakurat.com – Ponsel Samsung Galaxy memang sangat terkenal karena keberadaan fiturnya yang melimpah. Jika Anda membeli Samsung Galaxy, maka mau tidak mau Anda harus bisa memanfaatkan segala fitur yang disediakan.

Mungkin ada fitur yang sudah familier di telinga Anda, namun kami harap ada satu atau dua fitur lain yang belum pernah Anda dengar dan mungkin akan sangat berguna untuk Anda. Berikut teknoakurat rangkum 10 fitur wajib Samsung Galaxy:

1. Fitur Membatalkan Pengetikan dengan Gerakan Jari

Mungkin selama ini Anda hanya menekan tombol delete berkali-kali saat menghapus pesan/tulisan yang jumlahnya cukup banyak. Dan itu menurut kami kurang praktis. Tahukah Anda bahwa Samsung Galaxy ternyata memiliki fitur menghapus pengetikan hanya lewat gerakan jari?

Keyboard Samsung secara default ternyata memiliki gerakan undo jika Anda mematikan pengetikan gesek. Artinya, Anda bisa menghapus beberapa kata terakhir yang Anda ketik (bukan karakter individu) hanya dengan cara menggesekkan dua jari pada papan ketik ke salah satu arah.

2. Fitur Kloning Aplikasi Menggunakan Secure Folder

Secure Folder (folder aman) adalah salah satu fitur Samsung Galaxy yang paling banyak digunakan. Banyak orang menganggap bahwa fitur tersebut hanya berfungsi untuk menyembunyikan file-file sensitif, tetapi sebenarnya Anda bisa menggunakannya untuk lebih dari itu. Anda dapat menggunakan Secure Folder untuk memiliki beberapa aplikasi yang sama di ponsel Anda, atau bisa dibilang membuat aplikasi ganda.

Secure Folder atau folder aman pada dasarnya adalah sebuah ruangan khusus yang terpisah dari bagian telepon lainnya. Aplikasi apa pun yang Anda install ke dalamnya adalah duplikasi yang tidak ada hubungannya dengan aplikasi di luar folder tersebut. Untuk di luar Samsung Galaxy, penggunaan fitur ini sangatlah rumit, kecuali Xiaomi.

3. Fitur Membalikkan Ponsel untuk Mode Panggilan Senyap

Anda tidak perlu memblokir apalagi sampai membanting ponsel saat Anda menerima panggilan oleh orang yang tidak Anda harapkan. Jika Anda pengguna Samsung Galaxy, maka ada satu cara yang sedikit lebih halus untuk menolak panggilan, yaitu fitur senyap panggilan hanya dengan cara membalikkan ponsel.

Fitur ini memang banyak ditemukan di HP Android, termasuk Samsung Galaxy. Caranya cukup simpel, Anda pergi ke Setting, kemudian cari dan aktifkan “Mute the Phone to Silent Calls” untuk fitur senyap panggilan dan alam saat ponsel dibalik.

4. Fitur Memindahkan Tombol Shutter Kamera Sesuai Kemauan

Jika Anda pengguna Samsung Galaxy versi Note, pasti Anda akan menemukan kendala di sektor kenyamanan saat menggunakan fitur kamera. HP yang terlalu besar akan membuat Anda kurang nyaman saat menggunakan kamera, khususnya saat mengakses tombol Shutter pada kamera. Untungnya Samsung Galaxy memiliki fitur khusus untuk penggunanya yang kesulitan saat menjangkau tombol Shutter kamera.

Aplikasi kamera miliki Samsung Galaxy memiliki opsi untuk fitur tombol Shutter mengambang (Floating). Artinya, Anda dapat memindahkan tombol tersebut ke mana saja. Tidak peduli bagaimana Anda memegang ponsel tersebut, fitur ini bisa diatur sesuai kemauan agar Anda bisa menjangkau tombol Shutter dengan mudah.

5. Fitur Aplikasi Musik di Quick Setting (Setelan Cepat)

Bagi penikmat musik dan pendengar podcast sejati, pengguna Samsung Galaxy akan jauh lebih diuntungkan. Pengguna Samsung Galaxy wajib tahu bahwa mereka dapat mengakses cepat aplikasi streaming musik/audio visual hanya dengan lewat Quick Setting.

Samsung Galaxy memiliki menu “Output Media” untuk beralih dari mana audio seharunya diputar. Namun, sebenarnya menu ini dapat digunakan untuk pintasan aplikasi.

6. Fitur Pintasan Layar Kunci

Layar kunci (Lock Screen) sering kali menjadi fitur utama di dalam mengamankan smartphone Anda. Sebab, tidak semua orang ingin data pribadinya dengan mudah diakses oleh orang yang tidak Anda kenal.

Samsung Galaxy secara default memiliki fitur pintasan di layar kuncinya. Biasanya pintasan tersebut diisikan dengan kamera dan telepon. Akan tetapi, Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.

Caranya cukup mudah. Buka Setting, pilih Lock Screen, aktifkan Shortcuts (apabila belum diaktifkan). Kemudian setting sesuai keinginan. Misalnya Left Shortcut untuk WA, dan Right Shortcut untuk kamera.

7. Fitur Quick Access untuk Shortcut Aplikasi

Dapat mengakses aplikasi dengan cepat adalah kebutuhan mutlak bagi orang-orang yang sangat menghargai waktu. Akan menjadi masalah besar bagi mereka yang membutuhkan waktu lama (5-10 detik misalnya) dalam mengakses aplikasi.

Kabar baiknya, Samsung Galaxy memiliki fitur Panel Edge yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi dengan cepat. Di panel tersebut, Anda dapat menambah Sortcut-Shortcut favorit, seperti kontak, cuaca, reminders, tool, dan masih banyak lagi.

8. Fitur Menyesuaikan Tema dengan Wallpaper

Sejak Android 12 diluncurkan, Samsung Galaxy menawarkan fitur menyesuaikan tema dengan Wallpaper Anda. caranya cukup mudah. Pergi ke Setting, kemudian pilih “Themes”, pilih tema yang digunakan, kemudian pilih “Featured”, pilih tema yang Anda inginkan, kemudian klik “Apply”.

9. Fitur Video Enhancer

Video Enhancer adalah salah satu fitur Samsung yang dapat memperbagus kualitas video yang Anda tonton. Fitur ini akan mencerahkan layar dan membuat warna lebih hidup setiap kali Anda menonton video. Anda tidak perlu menaikkan kecerahan HP secara manual dan Anda dapat menentukan aplikasi mana saja yang akan memfungsikan fitur ini.

10. Fitur Good Lock

Good Lock adalah salah satu fitur Samsung yang berfungsi menambahkan ekstra fungsionalitas dan penyesuaian ke berbagai bagian ponsel Anda, yang mana, Anda dapat menyesuaikan tampilan notifikasi, membuat jam, mengubah layar multifungsi, membuat bilah navigasi, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 fitur wajib Samsung Galaxy yang harus Anda ketahui. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Fitur Wajib Samsung Galaxy yang Harus Anda Gunakan"