Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Ampuh Berbicara Menarik, Efektif, Serta Berpengaruh

10 Tips Ampuh Berbicara Menarik, Efektif, Serta Berpengaruh
Teknoakurat – Bercakap-cakap atau mengobrol dengan seseorang merupakan hal yang sering Anda lakukan. Agar Anda saling terkoneksi ketika berbincang, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang lawan bicara Anda.

Memang semakin banyak Anda berbicara dan mengetahui segala hal, Anda dapat menganggap bahwa lawan bicara itu bodoh. Akibatnya, suasana akan menjadi canggung dan kaku.

Berikut ini adalah 10 tips ampuh yang dapat mengubah Anda menjadi pakar komunikasi yang mampu mempengaruhi orang lain dan dapat membangun hubungan dengan mudah:

1. Kenali Sosoknya

Seorang pembicara yang baik menghindari topik yang tidak disukai oleh orang yang diajak bicara. Mulailah dari topik yang disukai oleh lawan bicara Anda.

2. Topik yang Umum

Ketika terlibat dalam obrolan, Anda perlu menyingkirkan ego Anda. Jangan menjelaskan kelebihan diri sendiri sehingga Anda terlihat lebih tinggi daripada lawan bicara Anda. Mulailah berbicara untuk menghibur dan menarik perhatian sesuai dengan seleranya.

3. Jangan Mengomel

Ada saatnya Anda hemat berbicara. Berilah ruangan atau waktu bagi lawan bicara Anda untuk membayangkan sesuatu di dalam diri Anda melebihi dari semua yang telah Anda katakan.

4. Libatkan Orang Lain

Bayangkan, ketika kalian sedang mengobrol panjang lebar tentang sebuah topik, tiba-tiba ada orang lain yang bergabung. Di sinilah Anda harus menjelaskan kembali topik yang dibicarakan tersebut kepada orang yang baru bergabung. Setelah itu, Anda boleh melanjutkan pembicaraan.

5. Lelucon Kasar

Mungkin Anda terbiasa memberi guyonan dengan merendahkan lawan bicara. Namun sebenarnya cara ini sungguh tidak beretika. Sekarang mulailah untuk mencari bahan lain daripada Anda harus mengorbankan orang lain hanya untuk sebuah candaan yang tidak memiliki nilai sama sekali. Sekali lagi, Anda harus menjadi pribadi dewasa.

6. Terlihat Baik

Daripada Anda berbicara tentang keburukan lawan bicara Anda, lebih baik Anda membuatnya sebagai orang yang dihormati dan ditinggikan. Hal ini justru akan membuat Anda tampak dewasa.

7. Tidak Memotong Kalimat

Ketika lawan bicara sedang menyampaikan sesuatu, biarkan ia menyelesaikannya. Sekalipun Anda merasa bosan dan bisa memprediksi maksud pembicaraannya, biarkan ia menyelesaikannya sendiri. Jangan pernah menginterupsi dengan bahasa Anda sendiri. Sebab, memotong sebuah pembicaraan adalah contoh etika yang kurang baik.

8. Jangan Menghakimi

Ketika lawan bicara memberi pernyataan salah atau mengungkapkan fakta yang keliru, Anda tidak boleh langsung menghakiminya. Anda harus menahan diri untuk tidak langsung menegur atau menyerangnya. Jika ia membuat kesalahan, itu kesalahannya sendiri. Anda tidak perlu membuatnya malu dengan memperbaiki kesalahannya secara langsung.

Namun untuk sebagian orang, hal ini tidak semuanya sependapat. Ada beberapa orang yang justru lebih suka apabila diberi teguran atau kritikan yang mendidik. Namun satu hal yang pasti, di dalam hatinya pasti ada sedikit rasa tersinggung atau sakit hati.

9. Jangan Mengoreksi

Jika bahasa yang diucapkan oleh lawan bicara Anda salah, Anda harus berusaha menangkap maksud dari ucapannya. Mengoreksi kata per kata, apalagi sampai mengoreksi tata bahasanya, maka hal itu merupakan hal yang buruk dalam pembicaraan.

10. Menjadi Pendengar yang Baik

Anda perlu mendengarkan lawan bicara yang sedang berbicara. Anda tidak perlu menjelaskan siapa diri Anda sebenarnya. Mendengarkan sudah menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bijaksana. Jadi, mulailah untuk belajar menjadi pendengar yang baik agar Anda disukai oleh lawan bicara.

Itulah 10 tips atau trik ampuh agar menjadi pembicara yang menarik. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Tips Ampuh Berbicara Menarik, Efektif, Serta Berpengaruh"